Pengelasan Aman dengan Sarung Tangan Las Berkualitas

Pengelasan Aman dengan Sarung Tangan Las Berkualitas

Dalam proses pembentukan rangka dasar konstruksi maupun membentuk cakar ayam yang kompleks untuk suatu konstruksi bangunan diperlukan proses pengelasan. Proses ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dan sembarang tempat. Pengelasan cenderung mengeluarkan bunga api yang cukup banyak sehingga bisa membuat benda-benda yang mudah terbakar menjadi meledak dan dapat membahayakan keselamatan pekerja maupun bangunan konstruksi yang dapat menyebabkan kerugian dan kerusakan yang cukup parah.

 

Salah satu alat keselamatan tukang las adalah sarung tangan las. Sarung tangan las sangat penting digunakan sebagai alat keselamatan bekerja di lingkungan tertentu. Alat ini memberikan perlindungan terhadap tangan dari percikan api dan suhu panas akibat proses pengelasan. Penggunaan sarung tangan ini sudah sangat dianjurkan oleh berbagai tempat bekerja yang mengharuskan pegawai bersentuhan dengan alat-alat las. Perhatikan kembali sarung tangan milik Anda sebelum memulai mengelas. Gantilah sarung tangan Anda jika sudah mulai rusak, terpotong, berlubang, atau tergerus.

 

Mengganti sarung tangan sangat berpengaruh pada keselamatan Anda selama bekerja. Anda juga harus memberikan perhatian pada ukuran sarung tangan yang Anda pakai. Sebab, jika ukuran tersebut tidak pas dengan Anda hal ini dapat menimbulkan bahaya. Sarung tangan yang baik akan memberikan rentang gerak yang besar atau lebih lentur dan fleksibel. Penting juga untuk mengeringkan kelembaban pada tangan Anda sebelum menggunakan sarung tangan.

 

Fungsi sarung tangan las adalah melindungi tangan dari percikan las dan material yang panas saat proses pengelasan berlangsung. Jenis sarung tangan ini akan berjalan maksimal jika tangan Anda kering dan tidak lembap. Hal ini agar penyerapan panas akan bekerja secara maksimal dan melindungi tangan Anda.

 

Pemberitahuan prosedur untuk cara penggunaan atau pemakaian juga perlu disosialisasikan agar tidak ada kesalahan. Jika tidak memakai sarung tangan, ini sangat bahaya bagi kulit tangan Anda. Sebab, pekerjaan ini menuntut untuk berhubungan dengan listrik yang menghasilkan percikan api.

 

Selain menahan panas, sarung tangan ini juga mengatasi rasa licin ketika memegang mesin las atau objek benda. Sangat dianjurkan untuk memakai sarung tangan, selain untuk meredam rasa panas sarung ini juga bisa meminimalkan kecelakaan yang akan terjadi. Di tempat kerja akan banyak sekali kemungkinan kecelakaan yang terjadi. Oleh sebab itu, peralatan lengkap wajib untuk Anda gunakan. Perlu diingat untuk menjaga keringat tangan Anda, sebab itu akan menghasilkan uap panas yang akan merusak tangan Anda.

Share :

Add New Comment

 Your Comment has been sent successfully. Thank you!   Refresh
Error: Please try again